Saat
ini sedang menjadi trend tersendiri motor-motor lansiran tua tahun 90
disulap menjadi motor yang lebih sedap dipandang dan unik. Salah
satunya dimodif menjadi café racer seperti motor milik bro Tonny Teddy
ini. Basicnya adalah motor Honda Win 1995, Honda ini dimasanya dikenal
sebagai motornya para pegawai negeri. Berkapasitas mesin 100cc tapi
tepatnya sih hanya 97cc. motor ini lincah disegala medan, baik
pegunungan, aspal maupun menerjang banjir sekalipun dan sangat minim
perawatannya.
Tapi bagi seorang modifikator seperti bro
Teddy Tonny dalam melihat motor ini memiliki tantangan tersendiri
ketika merestorasi motor bermesin tidur dan diubah menjadi model café
racer, tidak banyak para modifikator yang doyan dengan mesin tipe tidur
untuk dirubah menjadi café racer.
Pengerjaan motor ini dikerjakan di
Bengkel Diwa Kustomlaughters Garage dikawasan Cimanggis Depok. Proses
pengerjaan cukup singkat hanya membutuhkan waktu 2 bulan. Menjadi klasik
ketika melihat model ini mengingatkan kita akan era motor balap tahun
1960 di Inggris negeri asal model café racer ini.
Dalam pengerjaan motor ini, Teddy di
bantu seorang temannya yaitu bro Wahyu dalam menyelesaikan modifikasi.
“Ada beberapa bagian yang dipotong seperti bagian rangka belakang yang
dipotong kisaran 15cm, dimodifikasi bagian rangka dudukan tengki agar
bisa disematkan tengki Suzuki A100. Disini perlu membuatkan dudukan baru
buat si tengki agar kokoh dan presisi” tukas Wahyu disela sela
pemotretan motor.
Tidak
hanya itu tengki ini sebenarnya telah dimodifikasi ulang, dari bentuk
aslinya tengki Suzuki A100, dimana bagian kupingannnya (Shroud)
dipangkas dan dihilangkan, bagian dalam tengki dicoak sekitar 7cm agar
bisa masuk kedalam rangka Honda Win.
“Bagian buritan belakang, yang menjadi
ciri khas dari café racer adalah model bulat setengah lingkaran bola,
bentukya ini dibuat dengan memanfaatkan Helm bekas half face, dipotong
dan dibuatkan dudukan lubang untuk lampu rem belakang. Terlihat rapi dan
genit sedikit bahenol, namun tetap sporty dan macho. Untuk bagian Arm
dan cassis tetap menggunakan rangka ori dari Honda Win, agar masih tetap
terlihat basic motornya Honda Win”, tutur bro Teddy.
Bagian
shock depan disematkan shock milik Suzuki Thunder 125, model stang di
custom dari stang Ninja 150 yang pemasanganya dibalik nunduk ke bawah,
khas café racer. Untuk velg menggunakan ring 17, dibalut dengan ban
Mizzle model Taranis, agar terkesan sporty dan modern bagian roda
penggerak di pasangkan Gir SINNOB. Bagian Jok juga dicustom agar pas
saat nyemplak dan enak didudukin.
Semua menjadi kontras dan terlihat manis,
ketika motor tua yang di pandang sebagian orang menjadi besi tua
disulap menjadi motor yang penuh nilai seni dan memiliki harga yang
tinggi. Perpaduan warna orange dan hitam doff menjadikan motor ini
semakin elegan, sedap dipandang mata.
Data Modifikasi CAFÉ RACER HONDA WIN :
Basic Motor : Honda Win 95
Velg dan Ban : Velg Ring 17 2.50 Belakang dan Depan 2.15, Ban Mizzle Teranis
Gir : Sinnob Merah
Shock Belakang : YSS 38
Shock Depan : Suzuki Thunder 125
Body : Custom
Tengki : Suzuki A100
Rangka : Ori Honda Win 95
Jok : Custom
Stang : Kawasaki Ninja 150
Bengkel : Diwa Kustomluaghters Garage, Perumahan Permata Arcadia Blok H 10 Cimanggis Depok
0 Response to "MODIFIKASI CAFÉ RACER HONDA WIN"
Post a Comment